Kriteria Virus...Hiks..hiks..  

Posted by Riky Furnando

Suatu virus, dapat dikatakan virus apabila minimal memiliki 5 kriteria..... :
  1. Kemampuan untuk memdapatkan informasi. Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory, untuk apa? agar dia dapat mengenali program-program apa saja yang akan dia tulari, semisal virus makro yang akan terinfeksi semua file berEktensi *.Doc setelah virus itu menemukanya, disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/semua file terus memilah dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat program yang tertular atau terinfeksi atau bahkan program versi itu di eksekusi. Saat virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang tetapi akan tercipta setiap program bervirus dan dijalankan biasanya dibuat hidden oleh virus (tidak kelihatan)
  2. Kemampuan memeriksa suatu program, suatu virus juga bisa memeriksa suatu program yang akan ditulari, misalnya ia menulari program yang berektensi *.Doc, dia harus memeriksa apakah dokumen ini telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah maka dia akan terkena menularinya 2 kali (virus aja perhitungan coba). ini sangat berguna untuk meningkatkan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program yang umum dilakukan virus adalah memiliki/memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk di kenali oleh virus tersebut. contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik disetiap file yang telah terinfeksi.
  3. Kemampuan menggandaan diri, kalau ini memang virus "banget"maksudnya tanpa ini tanpa virus. Inti virus adalah kemampuan untuk menggandaan diri dengan cara menulari program lainya. Suatu Virus apabila telah menemukan calon korbanya(baik file atau program) maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya, jika belom terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya untuk menulari dengan cara menuliskan byte penggenal pada program/file tersebut, dan seterusnya mengcopikan/menuliskan kode objek suatu virus di atas file/ program yang diinfeksi.
  4. Kemampuan untuk menggadaan dan menipulasi. rutin(Routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file/program isi suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang teringan dan pengrusakan. rutin ini umumnya digunakan buat menipulasi program ataupun mempopulerkan pembuatanya! Rutin ini memfaatkan kemampuan suatu systim operasi(Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki systim operasi. Misalnya: membuat gambar atau pesan dalam monitor, menganti/mengubah label dari tiap file, directori, atau label dari drive di PC dsb.
  5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri, kempuan untuk menyembunyikan diri ini harus dimiliki suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularannya dapat terlaksana.
..............................................dikutip dari .....(Yuhefizar)

This entry was posted on Minggu, 02 Maret 2008 at 21.16 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar