Mengenal Virus Komputer  

Posted by Riky Furnando

Echo zine issue, didunia cyber ada beberapa jenis virus:
1. Virus Makro
Virus ini ditulis dengan bahasa pemograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemograman dari suatu Operating Systim. Virus ini dapat berjalan dengan baik, maksudnya jika pada komputer "O" dapat menjalankan aplikasi word maka virus ini bekerja pada komputer bersistim operasi "O".
2. Virus Boot Sector
Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload kememory dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standart:"(ex: Floopy, drive lan selain C:/)".
3. Stealth Virus
Virus ini akan menguasai tabel-tabel interupt pada DOS yang sering kali kita kenal dengan "Interupt interceptor". Virus ini berkemampuan untuk mengandaikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai dengan namanya, baik secara penuh ataupun ukuranya.
4. Polymorphic Virus
Virus ini dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh anti virus dengan cara selalu merubah-rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program.
5. Virus File/Program
Virus ini menginfeksi file-file yang dapat diseksekusi langsung dari systim operasi, baik itu file application (*.EXE), maupun (*.COm) biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserang.

This entry was posted on Minggu, 02 Maret 2008 at 02.24 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar